RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Materi Konsep Mol dan Persamaan Rekasi


Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas / Semester          : X / 1
Pertemuan ke              : 11 - 14
Alokasi Waktu            : 8 x 45”
Standar Kompetensi   : Memahami Konsep Mol dan Stokiometri
Kompetensi Dasar      : Memahami Konsep Mol Sebagai Dasar Perhitungan Kimia
                       
Indikator :
1. Pengertian Ar dan Mr sebagai satuan massa terkecil dari suatu unsur atau senyawa yang dibandingkan dengan 1/12 massa atom isotop 12C dideskripsikan dengan benar.
2.     Perhitungan Mr berdasarkan jumlah Ar dari unsur-unsur penyusunnya dilakukan dengan benar.
3.    Pengertian konsep mol sebagai satuan zat dideskripsikan dengan benar.
4.  Pengertian konsep mol sebagai kumpulan partikel (atom atau molekul atau ion) yang dibandingkan dengan 1/12 massa isotop 12C atau yang mengandung partikel sebanyak bilangan Avogadro dideskripsikan dengan benar.

I.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.     Mendeskripsikan pengertian Ar dan Mr sebagai satuan massa terkecil dari suatu unsur atau senyawa yang dibandingkan dengan 1/12 massa atom isotop 12C dengan benar.
2.     Menyelesaikan perhitungan Mr berdasarkan jumlah Ar dari unsur-unsur penyusunnya  dengan benar.
3.     Mendeskripsikan pengertian konsep mol sebagai satuan zat dengan benar.
4.     Mendeskripsikan pengertian konsep mol sebagai kumpulan partikel (atom atau molekul atau ion) yang dibandingkan dengan 1/12 massa isotop 12C atau yang mengandung partikel sebanyak bilangan Avogadro dengan benar.

II.       MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengertian Ar dan Mr
2.      Menghitung mol
3.      Konversi Mol, Massa, Volume STP, Jumlah Partikel
4.      Volume Molar

III.       MODEL/ STRATEGI/ PENDEKATAN/ METODE
1.        Model : Inkuiri
2.        Strategi           : Cooperative Learning
3.        Pendekatan     : Pendekatan Proses
4.        Metode           : Diskusi dan Informasi

IV.       LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Rincian
Waktu
Kegiatan Awal
Pendahuluan
1.        Berdoa dan presensi siswa
2.        Prasyarat pengetahuan : pengertian Ar dan Mr dan Mol.
3.        Pemberian motivasi dengan tanya jawab mengenai  jumlah palrtikel.
4.        Masalah : Apakah materi  setiap 1 mol zat mempuyai jumlah partikel, volume dan massa yang sama?
5.        Pemberian informasi tujuan pembelajaran dan pembagian kelompok
10’ x 4
Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.        Menggali pemahaman siswa tentang Ar, Mr, mol, volume STP, jumlah partikel, volum molar.
2.        Masalah I      : Berapa Mr CaCO3 ?
3.        Masalah II     : Berapa mol 17 gram NaNO3 ?
4.        Masalah III   : Berapa volum 88 gram CO2 ?
Elaborasi
Menjawab pertanyaan-pertanyaan  yang ada di lembar kerja siswa.
Konfirmasi
Menyamakan persepsi tentang  mol,jumlah partikel dan volume zat.
70’ x 4












Kegiatan akhir
Memberikan tugas latihan soal dan tugas baca dirumah untuk pertemuan selanjutnya.
10’ x 4

V.       ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Buku teks atau buku paket kimia SMK/SMA Kelas X
2.      LKS
3.      Software Presentasi Kimia
4.      Laptop dan LCD Proyektor


VI.       PENILAIAN
A.      Prosedur :
1.    Penilaian hasil belajar
2.    Penilaian bersifat individual
3.    KKM : 68
4.    Bentuk soal : pilihan ganda
5.    Durasi waktu : 30 menit
B.       Instrumen Penilaian
Kisi-kisi, butir-butir soal, kunci jawaban dan kriteria penilaian, analisis hasil evaluasi, remidiasi, dan pengayaan terlampir dalam form tersendiri

 Karangpucung, 11 Juli 2011
Mengetahui,                                                               
WKS 1                                                                        Guru Mata Pelajaran



Gunarso, S.Pd                                                       Gregorius Andika Russtyadi, S.Pd
NIP. 19781105 200604 1 008                                    NIP. 19830716 200903 1 008













Komentar

Postingan populer dari blog ini

laporan praktikum penyabuanan etil asetat

LAPORAN PRAKTIKUM VOLUME MOLAL PARSIAL

Contoh Soal Persamaan reaksi