RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Materi Konsep Mol dan Persamaan Rekasi
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 11 - 14
Alokasi Waktu : 8 x 45”
Standar Kompetensi : Memahami Konsep Mol dan
Stokiometri
Kompetensi Dasar : Memahami Konsep Mol
Sebagai Dasar Perhitungan Kimia
Indikator :
1. Pengertian Ar dan Mr sebagai satuan massa terkecil dari
suatu unsur atau senyawa yang dibandingkan dengan 1/12 massa atom isotop 12C
dideskripsikan dengan benar.
2. Perhitungan Mr berdasarkan jumlah Ar dari unsur-unsur
penyusunnya dilakukan dengan benar.
3.
Pengertian konsep mol sebagai satuan zat dideskripsikan
dengan benar.
4. Pengertian konsep mol sebagai kumpulan partikel (atom
atau molekul atau ion) yang dibandingkan dengan 1/12 massa isotop 12C
atau yang mengandung partikel sebanyak bilangan Avogadro dideskripsikan dengan
benar.
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari uraian materi kegiatan belajar ini, siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan pengertian Ar dan Mr sebagai satuan
massa terkecil dari suatu unsur atau senyawa yang dibandingkan dengan 1/12
massa atom isotop 12C dengan benar.
2.
Menyelesaikan perhitungan Mr berdasarkan jumlah Ar dari
unsur-unsur penyusunnya dengan benar.
3.
Mendeskripsikan pengertian konsep mol sebagai satuan
zat dengan benar.
4.
Mendeskripsikan pengertian konsep mol sebagai kumpulan
partikel (atom atau molekul atau ion) yang dibandingkan dengan 1/12 massa
isotop 12C atau yang mengandung partikel sebanyak bilangan Avogadro
dengan benar.
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Pengertian
Ar dan Mr
2.
Menghitung mol
3.
Konversi Mol, Massa, Volume STP, Jumlah Partikel
4.
Volume
Molar
III.
MODEL/
STRATEGI/ PENDEKATAN/ METODE
1.
Model :
Inkuiri
2.
Strategi :
Cooperative Learning
3.
Pendekatan : Pendekatan
Proses
4.
Metode :
Diskusi dan Informasi
IV.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Rincian
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
Pendahuluan
1.
Berdoa dan presensi siswa
2.
Prasyarat
pengetahuan : pengertian Ar
dan Mr dan Mol.
3.
Pemberian
motivasi dengan tanya jawab mengenai jumlah palrtikel.
4.
Masalah
: Apakah materi setiap 1 mol zat mempuyai jumlah partikel, volume dan massa yang sama?
5.
Pemberian
informasi tujuan pembelajaran dan pembagian kelompok
|
10’ x 4
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
1.
Menggali pemahaman siswa tentang Ar, Mr,
mol, volume STP, jumlah partikel, volum molar.
2.
Masalah I : Berapa Mr CaCO3 ?
3.
Masalah II : Berapa mol
17 gram NaNO3 ?
4.
Masalah III : Berapa
volum 88 gram CO2 ?
Elaborasi
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang ada di
lembar kerja siswa.
Konfirmasi
Menyamakan persepsi tentang mol,jumlah partikel dan volume zat.
|
70’ x 4
|
Kegiatan akhir
|
Memberikan
tugas latihan soal dan tugas baca dirumah untuk pertemuan selanjutnya.
|
10’ x 4
|
V.
ALAT DAN
SUMBER BELAJAR
1.
Buku teks atau buku paket kimia SMK/SMA Kelas X
2.
LKS
3.
Software Presentasi Kimia
4.
Laptop dan LCD Proyektor
VI.
PENILAIAN
A.
Prosedur :
1.
Penilaian
hasil belajar
2.
Penilaian
bersifat individual
3.
KKM
: 68
4.
Bentuk
soal : pilihan ganda
5.
Durasi
waktu : 30 menit
B.
Instrumen
Penilaian
Kisi-kisi, butir-butir soal,
kunci jawaban dan kriteria penilaian, analisis hasil evaluasi, remidiasi, dan
pengayaan terlampir dalam form tersendiri
Karangpucung, 11 Juli 2011
Mengetahui,
WKS 1
Guru Mata Pelajaran
Gunarso, S.Pd Gregorius
Andika Russtyadi, S.Pd
NIP. 19781105
200604 1 008
NIP. 19830716 200903 1 008
Komentar
Posting Komentar