Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

 Refleksi Dwi Mingguan 

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

oleh Kibtiyah SR_CGP Angkatan 5_SMPN 4 Jepara



Pembelajaran modul 1.3 Visi Guru Penggerak ini mulai kami pelajari pada tanggal 1 Agustus 2022 setelah sebelumnya LMS tidak bisa di akses selama kurang lebih satu bulan dikarenakan pergantian pendamping dari P4TK Matematika ke BBGP Jawa Tengah. Awalnya saya merasa khawatir tidak bisa mengikuti karena pendidikan guru penggerak ini sempat off untuk beberapa waktu, namun setelah pendidikan dimulai kembali ternyata saya bisa mengikuti dengan baik. 

Dalam refleksi dwi mingguan modul 1.3 ini, akan coba saya sampaikan menggunakan model 1 yaitu dengan 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).

  1. Facts : Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembelajaran pada minggu ini

Pada minggu ini, CGP mempelajari materi modul 1.3 Visi Guru Penggerak yang dimulai dari mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demostrasi kontekstual, elaborasi pemahaman bersama instruktur, koneksi antar materi dan melaksanakan aksi nyata. 

Pada modul ini, CGP belajar untuk menggali pemahaman tentang arti penting visi bagi seorang guru. Visi tersebut kemudian digambarkan dalam sebuah “lukisan imajinasiku”. Selain itu, CGP juga diharuskan untuk membuat visi yang berpihak pada murid dan bagaimana sekolah yang berpihak pada murid di masa depan. Untuk dapat mewujudkan visi tersebut, kita harus bisa menggali hal-hal positif baik dan menggali aset-aset pada diri sendiri maupun yang dimiliki sekolah, selain itu kita juga harus berkolaborasi dengan semua pihak yang terlibat agar visi tersebut dapat terwujud. Dalam mewujudkan visi tersebut diawali dengan membuat prakarsa perubahan menggunakan pendekatan inkuiri apresiatif dengan tahapan BAGJA (buat pertanyaan, ambil pelajaran, gali mimpi, jabarkan rencana dan atur eksekusi). 

  1. Feelings : Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung?

Perasaan saya saat mempelajari modul 1.3 ini adalah merasa senang karena banyak ilmu dan wawasan baru yang saya dapatkan dari mempelajari modul. Selain itu, dapat berdiskusi dan berkolaborasi dengan GCP yang lain, fasilitator dan instruktur  juga membuat saya merasa senang. 

  1. Findings : Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini?

Pembelajaran yang saya dapatkan dari mempelajari modul ini salah satunya dapat merumuskan visi tentang murid dan sekolah melalui pendekatan inkuiri apresiatif dengan tahapan BAGJA. Dalam membuat perubahan positif ternyata tidak hanya bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang ada, namun kita bisa fokuskan pada kekuatan/ asset yang kita miliki atau sekolah miliki sehingga pemikiran kita diarahkan ke arah yang positif. 

  1. Future : Apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa di masa depan?

Saya akan mengajak rekan guru untuk berkolaborasi bersama-sama melakukan perubahan positif dengan tidak hanya berfokus pada permasalahan namun mengidentifikasi kekuatan apa yang kita miliki. Selain itu bersama-sama dengan para guru disekolah untuk menetapkan visi yang sesuai dengan kekuatan dan asset yang dimiliki sekolah untuk menciptakan sekolah yang berpihak pada murid. 

Sekian refleksi yang dapat saya sampaikan, semoga dipembelajaran modul-modul berikutnya saya dapat mengikuti dengan baik dan bertambah pula ilmu dan wawasan yang saya dapatkan. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

laporan praktikum penyabuanan etil asetat

LAPORAN PRAKTIKUM VOLUME MOLAL PARSIAL

Contoh Soal Persamaan reaksi