Atomic relative (Ar) dan Molecule relative (Mr)

Lambang atom menginformasikan kepada kita tentang nomor massa dan kita ketahui massa atom sangat kecil misalnya massa atom hidrogen sebesar 3.348 × 10-27 Kg. Untuk mempermudah dalam mempelajari ditetapkan oleh IUPAC satuan massa atom (sma). Hal ini diperlukan untuk memepermudah dalam penulisan serta dengan sederhana kita dapat menetapkan massa sebuah molekul.
Satuan massa atom (sma) dan 1 (satu) sma didefinisikan sebagai:
artikel 12
dilanjutkan dengan penetapan Atomic relative (Ar) atau sering disebut juga dengan Massa Atom dan Massa Molekul yang diberi lambing dengan Mr = Molecule relative. Kedua definisi atau persamaan untuk Atomic relative (Ar) dan Molecule relative (Mr) disajikan pada bagan 6.21.
bagan 6.21
Bagan 6.21. Persamaan untuk Ar dan Mr
Berdasarkan nomor massa dalam tabel periodik kita dapat tetap, misalnya atom Hidrogen yaitu 1.00079 sma, maka massa atom atau Atomic relative (Ar) dibulatkan menjadi 1 sma. Demikianpula untuk atom Oksigen didalam tabel periodik nomor massanya 15.99994, Atomic relative dibulatkan menjadi 16 sma.
Untuk menetapkan Molecule relative (Mr) dari sebuah senyawa dapat dihitung dengan memperhatikan jumlah atom penyusunnya dibagi dengan 1 sma. Sebagai contoh, jika kita menetapkan Mr dari H2O.
Atom-atom penyusunnya adalah Hidrogen dan Oksigen, jumlah atomnya adalah 2 untuk Hidrogen dan 1 untuk Oksigen, Sehingga massanya adalah :
artikel 13
Dengan cara yang sama kita dapat menghitung Mr senyawa-senyawa lain, dengan bantuan tabel periodik untuk mendapatkan data massa setiap atom.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

laporan praktikum penyabuanan etil asetat

LAPORAN PRAKTIKUM VOLUME MOLAL PARSIAL

Contoh Soal Persamaan reaksi